Transendent

BAB V

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Hasil penelitian dan inti pembahasan sebagai kesimpulan, dirumuskan berikut ini:

1. Penelitian hadis sangat penting dilakukan karena hadis merupakan salah satu sumber ajaran Islam; hadis tidak seluruhnya tertulis pada masa Nabi; munculnya pemalsuan hadis sesudah zaman Nabi; proses penghimpunan hadis dalam kitab-kitab hadis memakan waktu yang lama setelah wafatnya Nabi saw.; dan periwayatan hadis lebih banyak berlangsung secara makna.

2. Berdasarkan penelitian sanad, hadis-hadis yang dijadikan pedoman oleh masyarakat dalam melakukan s}alat tasbih berkualitas daif, demikian pula dengan matannya sehingga tidak dapat dijadikan hujjah.

3. Di dalam hadis, Rasulullah saw. memerintahkan untuk membaca tasbih di dalam s}alat, yakni ketika rukuk dan sujud. Adapun tasbih yang berarti zikir lebih utama diucapkan setelah s}alat.

B. IMPLIKASI PENELITIAN

Pada bagian akhir dari kajian ini kiranya perlu dikemukakan beberapa saran sebagai implikasi penelitian, baik yang bersifat pengembangan teoritis maupun penerapan praktis selanjutnya.

1. Perlunya perubahan pemahaman masyarakat, yakni adanya pemahaman bahwa terdapat suatu s}alat khusus yang dinamakan s}alat tasbih karena hadis-hadis yang dijadikan pedoman dalam melakukan s}alat tasbih tersebut berkualitas daif dari segi sanad dan matannya, sehingga seharusnya ditinggalkan dan diganti dengan memperbanyak membaca tasbih di luar s}alat.

2. Di hadapan umat Islam terhampar berbagai persoalan keagamaan yang perlu diatasi dan dijernihkan. Oleh karena itu, perlu direkomendasikan kepada peneliti hadis yang lain, agar melakukan penelitian hadis, terutama terhadap hadis-hadis yang diperselisihkan kehujjahannya, agar dapat secara maksimal dan tepat menggunakan pendekatan dalam meneliti dan memajukan pemahaman hadis-hadis Nabi saw.

DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’a>n al-Kari>m

Abd al-H>adi, Abu> Muh}ammad Mahdi> bin Abd al-Qadi>r bin. T{uru>q Takhri>j H{adi>s\ Rasu>lulla>h saw, diterjemahkan oleh H.S. Aqil Husain al-Munawwar dan H. Ahmad Rifqi Mukhtar dengan judul Metode Takhrij Hadis Cet. I; Semarang: Dina Utama, 1994.

‘Abd al-Lat}i>f, Mawju>d Muh}ammad. Ilmu Jarh wa al-Ta’di>l, diterjemahkan oleh A. Zarkasyi Chumaidy dengan judul Ilmu Jarh wa Ta’dil. Cet. X; Bandung: Gema Media Pusakatama, 2003.

Abdurrahman, M. Pergeseran Pemikiran Hadis; Ijtihad al-Hakim dalam Menentukan Status Hadis Jakarta: Paramadina, 2000.

Ahmad, Arifuddin. “Metode Tematik dalam Pengkajian Hadis; Sebuah Konstruksi Epistemologis” dalam orasi pengukuhan guru besar Makassar: 31 Mei 2007.

al-Asqala>ni>, Ah}mad ibn 'Ali ibn Hajar, Tahz\>ib al-Tahz\i>b, juz IV Bayru>t: Dar al-Fikr, 1994.

Al-Bukhari> al-Ja'fi>,. Al-Imam Abi> 'Abdillah Muhammad ibn Isma>il ibn Ibra>hi>m ibn Mugirah ibn Bardizbah S{ah}i>h} al-Bukha>ri>, juz I, VII, VIII Bayru>t: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, t.th.

-------------------, Al-Ta>ri>kh al-Kabi>r, juz VII Cet. I; Bayru>t: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2001.

Dahlan, Abdul Azis (ed.), Ensiklopedi Hukum Islam Cet. VI; Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2003.

Al-Darimi>, Al-Imam Abu Muhammad 'Abdullah ibn 'Abdul Rahman ibn al-Fad}l ibn Bahram Sunan al-Darimi>, juz I Indonesia: Maktabah Wahlan, t.th.

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an, 1985.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Cet. III; Jakarta: PT. Balai Pustaka, 1990.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, jilid IV Cet. IV; Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1997.

al-Dimasyqi>, Al-Syari>f Ibra>hi>m Muh}ammad bin Kama>l al-Di>n al-Syahi>r bin H{amzah al-H}usayn al-H{anafi> Al-Baya>n wa al-Ta’ri>f fi> Asba>b Wuru>d al-H{adi>s\ al-Syari>f, juz I Cet. I; Bayru>t: Al-Maktabah al-‘Ilmiyyah, 1982.

Farid, Syaikh Ah}mad. Min A’lam As-Salaf, yang diterjemahkan oleh Masturi Ilham dan Asmu’i Tamam dengan judul 60 Biografi Ulama Salaf Cet. I; Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2006.

Fayya>d, Mah}mu>d ‘Ali. Manha>j al-Muh}addis\i>n fi> D{abt}} al-Sunnah, diterjemahkan oleh A. Zarkasyi Chumaidy dengan judul Metodologi Penetapan Kesahihan Hadis, Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 1998

Ibn H{anbal Al-Ima>m Ah}mad. Al-Musnad Ah}mad ibn H{anbal, jilid III, V Bayru>t: Dar al-Fikr, t. th.

Ibn Manz}ur Abu> al-Fad}l Jamal al-Di>n Muh}ammad bin Mukram, Lisa>n al-‘Arab, Juz XIII Bayru>t: Da>r S{adr, 1396 H./1968 M.

Ibn S{ala>h, Abu> ‘Amr ‘Us\ma>n bin ‘Abd al-Rah}ma>n ‘Ulu>m al-H{adi>s Cet. II; Madinah: Maktabah al-‘Ilmiyyah, 1972.

Ima>m Ma>lik bin Anas, Al-Muwat}t}a Cet. II; Bayru>t: Da>r al-Jil, 1973

Ismail, M. Syuhudi. Kaedah Kesahihan Sanad Hadis; Telaah Kritis dan Tinjauan Pendekatan Ilmu Sejarah Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1988.

-----------------. Metodologi Penelitian Hadis Nabi Cet.I; Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

‘Itr, Nuruddi>n. Manhaj al-Naqd fi> ‘Ulu>m al-H{adi>s\ Cet. II; Damaskus: Da>r al-Fikr, 1979

al-Khati>b M. ‘Ajja>j, Al-Sunnah Qabl al-Tadwi>n Cet. I; Kairo: Maktabah Wahbah, 1963.

--------------------. Us}u>l al-H{adi>s\ ‘Ulu>muhu> wa Mus}t}alahuhu> Cet. III; Bayru>t: Da>r al-Fikr, 1975.

Ma’luf, Louis. Munjid fi> al-Lugah Cet XXI; Bayru>t: Da>r al-Masyriq, 1973.

al-Mizzi>, Jama>l al-Di>n Abi> al-Hajja>j Yu>suf Tahz\i>b al-Kama>l fi> Asma>’ al-Rija>l, jilid XXII, Bayru>t: Da>r al-Fikr, 1994.

al-Mubarakfu>ri>, Al-Ima>m al-H{a>fiz} Aba> al-‘Ula> Muh}ammad ‘Abd al-Rah}ma>n ibn ‘Abd al-Rah}i>m. Tuh}fat al-Ah}waz\ bi Syarh} Ja>mi’ al-Tirmiz\i> juz II Bayru>t: Da>r al-Fikr, t.th.

al-Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir: Kamus Arab Indonesia Cet. XIV; Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Muslim al-Naysabu>ri>, Al-Ima>m Abi> Husay>n Muslim ibn al-Hajja>j al-Qus}ayri. S{ah}ih} Muslim,, juz I. Bayru>t: Da>r al- Kutub al-‘Ilmiyyah, 1992.

al-Nawa>wi> al-Dimasyqi> al-Sya>fi’i>, Muh}yiddi>n Abi> Zakariya> Yah}ya> bin Syaraf., Al-Az\ka>r min Kala>mi Sayyid al-Abra>r Cet. I; Bayru>t: Muassasah al-Kutub al-S|iqa>fiyyah, 1992.

al-Naysabu>ri, Abu> ‘Abdulla>h al-H{akim. Ma’rifat ‘Ulu>m al-H{adi>s\ Haydrabat: Dar al-Ma’rifat al-Us\maniyyah al-Ka’inah, t. th.

Nasution, Harun. Teologi Islam Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia Press, 1992

Noor, Muhibbin. Kritik Kesahihan Hadis Imam Bukhari; Kritik atas Kitab al-Jami’ al-Sahih Cet. I; Jogjakarta: Waqtu, 2003.

al-Qaswini. Al-H{afiz} Abi> 'Abdulla>h Muh}ammad bin Yazid. Sunan ibn Ma>jah, juz I. Bayru>t: Dar al-Fikr, 1995.

al-Ra>zi>, Abu> Muh}ammad ‘Abd al-Rah}ma>n bin Abi> H{a>tim Muh}ammad bin Idri>s bin al-Munz\ir. Kita>b al-Jarh wa al-Ta’di>l, juz IV Cet. I; Hayderabat: Majlis Da’irat al-Ma’arif, 1987.

al-Saha>rnufu>ri>, Syekh Khali>l Ah}mad. Baz\l al-Majhu>d fi> H{alli Abi> Da>wud juz VII Bayru>t: Da>r al-Fikr, t. th.

Salim, Peter. The Contemporary English-Indonesian. Cet. II; Jakarta: Modern English Press, 1986.

al-S{alih, Subhi>. Ulu>m al-H{adi>s Bayru>t: Da>r al-Ilm al-Malayin, 1977.

ash-Shiddieqy, Hasbi. Pedoman Shalat Cet. XXIII; Jakarta: Bulan Bintang, 1994.

al-Sijista>ni>, Abi> Da>wud Sulayma>n bin al-Asy'as\. Sunan Abi> Da>wud, juz I Bayru>t: Dar al-Fikr, 1994.

Sutarmadi, Ahmad. Al-Ima>m al-Tirmiz\i> Peranannya dalam pengembangan Hadis dan Fiqh Cet. I; Jakarta: Logos, 1998.

al-Suyu>t}i>, Jala>l al-Di>n ‘Abd al-Rah>ma>n bin Abi> Bakr. Tadri>b al-Ra>wi> fi> Syarh} Taqri>b al-Nawa>wi>, jilid II Bayru>t: Da>r al-Fikr, 1988.

------------------------. Nayl al-Awta>r Syarh Muntaqa> al-Akhba>r min Ah}a>di>s\ Sayyid al-Akhba>r, juz I Bayru>t: Da>r al-Fikr, 1992.

al-T{ah}h}a>n, Mah}mud. Us}u>l al-Takhri>j wa Dira>sat al-Asa>nid Halb: Matba’ah al-Arabiyah, 1398 H/1978 M.

al-Tirmiz\i>, Abi> ‘I Muhammad bin‘Isa> bin Sawrah,. Sunan al-Tirmizi>, juz II Bayru>t: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1987.

Wensinck, A. J. Mu’jam al-Mufahras li al-Fa>z} al-H{adi>s\ al-Nabawi>, juz II Leiden: E. J. Brill, 1943.

al-Zaha>bi>, Abu> ‘Abdulla>h Muh}ammad bin Ah}mad bin ‘Us\ma>n Siyar A’lam al-Nubala>, juz XIII Cet.VII; Bayru>t: Mu’assasat al-Risa>lah, 1990.

Zakariyyah, Abi Husayn Ahmad bin Faris bin. Mu’jam Maqa>yis al-Lugah, juz II dan III. Mesir: Maktabah Matbaah Mustafa al-Babi al-Halabi wa Awla>duh, 1972.

| edit post
Reaksi: 
0 Responses

Post a Comment